Analisis Dynamic Amplification Factor (DAF) pada Jembatan Sp Gunung Kemala - Sanggi Rangka Baja dengan Metoda Analisis Respons Spektrum.
Abstract
Kegagalan struktur jembatan yang diakibatkan oleh beban dinamis pada jembatan merupakan salah satu faktor yang menunjukkan bahwa keakuratan desain struktur sangatlah kritikal. Disamping beban dinamis yang variatif, kebanyakan struktur jembatan tergolong struktur khusus dan berskala besar sehingga meningkatkan kesukaran dalam proses desain. Dynamic Amplification Factor (DAF) hadir sebagai salah satu parameter yang dapat digunakan dalam desain dan analisis struktur jembatan serta menjamin efisiensi dan ekonomis dalam prosesnya. DAF dapat menjadi alternatif dalam desain dan analisis yang berkaitan dengan beban dinamis jembatan. Dengan memanfaatkan rasio beban dinamis terhadap beban statis jembatan, DAF membantu dalam memudahkan proses desain dan analisis dengan hasil yang akurat. Pada penelitian ini, DAF diaplikasikan pada jembatan rangka baja yang berlokasi di Lampung. Beban dinamis yang diujikan merupakan beban dinamis gempa dengan data yang diperoleh dari pusjatan. Hasil analisis DAF disajikan dalam bentuk grafik yang mewakili setiap komponen struktur atas jembatan di sepanjang bentang.
References
[2] H. Ma, Z. Cao, X. Shi, and J. Zhou, "Dynamic Amplification Factor of Shear Force on Bridge Columns under Impact Load," Shock and Vibration, vol. 2019, pp. 1-14, 2019.
[3] A. González, P. Rattigan, E. J. Obrien, and C. Caprani, "Determination of bridge lifetime dynamic amplification factor using finite element analysis of critical loading scenarios," Engineering Structures, vol. 30, no. 9, pp. 2330-2337, 2008.
[4] I. Paeglite and A. Paeglitis, "The Dynamic Amplification Factor of the Bridges in Latvia," Procedia Engineering, vol. 57, pp. 851-858, 2013.
[5] G. Ghildiyal, "Analytical Study of Dynamic Amplification Factor for Highway Bridges," India, 2016.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.