Analisis Korelasi Sistem Kuliah Lintas Prodi dengan Keefektifan Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Matematika Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

  • Yenci Brika Enkekes Program Studi Matematika, Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, 35365, Indonesia
  • Khairina Alzulfa Yanti Program Studi Matematika, Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, 35365, Indonesia
  • Roni Setiawan Program Studi Matematika, Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, 35365, Indonesia
  • Novia Restiana Program Studi Matematika, Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, 35365, Indonesia
  • Yuen Rona Fadia Program Studi Matematika, Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, 35365, Indonesia
  • Tri Utomo Program Studi Matematika, Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, 35365, Indonesia

Abstract

Kuliah Lintas Prodi adalah kegiatan mengikuti mata kuliah yang ditawarkan di luar mata kuliah Program Studi Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keberlakuan sistem kuliah lintas prodi dengan keefektifan pembelajaran mahasiswa Program Studi Matematika Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Hal ini melatarbelakangi permasalahan psikologis mahasiswa Program Studi Matematika angkatan 2017 dan 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik dan pengujian hipotesis dengan Uji Korelasi Pearson dengan menggunakan variabel yaitu skor sistem kuliah lintas prodi dan skor keefektifan dalam belajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah memperoleh data dari kuisioner dengan hasil 52 responden, yang berikutnya digunakan teknik penyajian skor hasil kuisioner. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara sistem kuliah lintas prodi dengan keefektifan pembelajaran mahasiswa Program Studi Matematika Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Nuraeni, N, dkk. 2010. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. UPI-Bandung. Bandung
[2] Suparto, 2014. Analisis Korelasi Variabel - Variabel Yang Mempengaruhisiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal IPTEK, vol.18 no. 2
[3] Astuti, C.C., 2017, Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir, Journal of Information and Computer Technology Education, vol. 1.
[4] Lelang, M.A., 2017, Uji Korelasi dan Analisis Lintas Terhadap Karakter Komponen Pertumbuhan dan Karakter Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum, Mill), Jurnal Pertanian Konservasi Lahan Kering, vol.2.
[5] Sugiono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
[6] Muliawati,T., Dewi S., “The Effects of Development Program in ITERA Dormitory for Student Learning Achivmnt in First Year Satge Course”, Journal of Science and Applicative Technology, vol.2, no.1 pp.40-46, Mei 2019
[7] Walpole RE. 1995. Pengantar Statistika Edisi ke-4. Jakarta (ID): Gramedia, Pustaka Utama.
Published
2020-10-12
How to Cite
ENKEKES, Yenci Brika et al. Analisis Korelasi Sistem Kuliah Lintas Prodi dengan Keefektifan Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Matematika Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Indonesian Journal of Applied Mathematics, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-36, oct. 2020. ISSN 2774-2016. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/indojam/article/view/296>. Date accessed: 26 apr. 2024.