Variasi Kualitas Tidur dan Kreativitas pada Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera

  • Winati Nurhayu Sumatra Institute of Technology
  • Juliana Esteria Tumangger Program Studi Biologi Institut Teknologi Sumatera
  • Gres Maretta Program Studi Biologi Institut Teknologi Sumatera
  • Andy Darmawan Program Studi Biologi Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang termasuk dalam kebutuhan fisiologis. Kualitas tidur merujuk pada kondisi yang dialami seseorang untuk mencapai kesegaran dan kebugaran setelah bangun tidur. Terdapat dua fase dalam tidur, yaitu fase Rapid Eye Movement (REM) dan fase Non Rapid Eye Movement (Non REM). Pada fase tidur Non REM, terjadi penurunan norepinefrin yang diduga berperan dalam meningkatkan kreativitas tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi variasi kualitas tidur dan kreativitas pada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Penelitian dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi pendataan demografi, Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk menentukan kualitas tidur, dan Adjective Check List (ACL) untuk menentukan sifat kreativitas responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur mayoritas mahasiswa ITERA cenderung buruk. Selain itu, juga terdapat temuan bahwa mahasiswa ITERA umumnya memiliki sifat yang mengarah tidak kreatif. Namun, menariknya, ditemukan bahwa mahasiswa ITERA dengan kualitas tidur yang buruk justru lebih banyak memiliki sifat kreatif.

References

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118-123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Baso, M. C., Langi, F. L., & Sekeon, S. A. (2019). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Di SMA Negeri 9 Manado. Kesmas, 7(5).

Brizendine, L. (2006). The female brain. Broadway Books.

Cocu, A., Pecheanu, E., & Susnea, I. (2015). Stimulating creativity through collaboration in an innovation laboratory. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 182, 173-178. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.753

Curcio, G., Ferrara, M., & De Gennaro, L. (2006). Sleep loss, learning capacity and academic performance. Sleep medicine reviews, 10(5), 323-337. https://doi.org/10.1016/j.smrv.2005.11.001

Devi, V., & Shankar, P. K. (2008). Ramelteon: A melatonin receptor agonist for the treatment of insomnia. Journal of Postgraduate Medicine, 54(1), 45.

Fenny, F., & Supriatmo, S. (2016). Hubungan kualitas dan kuantitas tidur dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The
Indonesian Journal of Medical Education, 5(3), 140-147. https://doi.org/10.22146/jpki.25373

Goel, N., Kim, H., & Lao, R. P. (2005). Gender differences in polysomnographic sleep in young healthy sleepers. Chronobiology international, 22(5), 905-915. https://doi.org/10.1080/07420520500263235

Gough, H. G. (1979). A creative personality scale for the Adjective Check List. Journal of personality and social psychology, 37(8), 1398. https://doi.org/10.1037/0022-3514.37.8.1398

Hall, J. E., & Hall, M. E. (2020). Guyton and Hall textbook of medical physiology e-Book. Elsevier Health Sciences.

Hardinge, M. G., & Shryock, H. (2001). Kiat keluarga sehat mencapai hidup prima dan bugar. Terjemahan Ruben Supit). Bandung: Indonesia Publishing House.

Hirshkowitz, M., Whiton, K., Albert, S. M., Alessi, C., Bruni, O., DonCarlos, L., ... & Hillard, P. J. A. (2015). National Sleep Foundation’s sleep time duration recommendations: methodology and results summary. Sleep health, 1(1), 40-43.

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system.
Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 191-212. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.10.2.191

Khodijah, N. (2014). Psikologi pendidikan. Rajawali Press.

Lemma, S., Patel, S. V., Tarekegn, Y. A., Tadesse, M. G., Berhane, Y., Gelaye, B., & Williams, M. A. (2012). The epidemiology of sleep quality, sleep patterns, consumption of caffeinated beverages, and khat use among Ethiopian college students. Sleep disorders, 2012, 1-11. https://doi.org/10.1155/2012/583510

Lestari, A. R. (2017). Hubungan Antara Inteligensi Dan Kreativitas Pada Siswa Cerdas Istimewa Di SMA Negeri 1 Gresik (Disertasi). Universitas Airlangga, Surabaya.

McCann, M., Bayliss, D. M., Pestell, C., Hill, C. M., & Bucks, R. S. (2018). The relationship between sleep and working memory in children with neurological conditions. Child Neuropsychology, 24(3), 304-321. https://doi.org/10.1080/09297049.2016.1231298

Merz, M. G. (2017). The relationship between sleep, working memory, and decision making in young and old adult populations (Thesis). University of Central Florida, Florida.

Morgan, D., & Tsai, S. C. (2015). Sleep and the endocrine system. Critical Care Clinics, 31(3), 403-418. https://doi.org/10.1016/j.ccc.2015.03.004

Mulyono, Y. (2018). Improving creativity of the future physics teachers through general biology learning based on CTL with experimental method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.621

Munawaroh, I., & Haryanto. (2005). Neuroscience Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(1), 116-127.

Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan kualitas tidur dengan prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1). https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477

Pinel, J. P. J. (2011). Biopsychology. Allyn and Bacon.

Potkin, K. T., & Bunney, W. J. (2012). Sleep improves memory: the effect of sleep on long term memory in early adolescence. PLOSOne, 7(8), 1-4. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0042191

Rafknowledge. (2004). Insomnia dan Gangguan Tidur Lainnya. PT. Alex Media Komputindo.

Rosita, Y., Achmad, A., & Nurindah, F. (2015). Hubungan antara intelligence quotient (IQ) dengan prestasi akademik mahasiswa fk ump angkatan 2011 dan 2012. Syifa'MEDIKA, 6(1), 24-29.

Drago, V., Foster, P. S., Heilman, K. M., Aricò, D., Williamson, J., Montagna, P., & Ferri, R. (2011). Cyclic alternating pattern in sleep and its relationship to creativity. Sleep medicine, 12(4), 361-366. https://doi.org/10.1016/j.sleep.2010.11.009

Wang, F., & Boros, S. (2021). The effect of physical activity on sleep quality: a systematic review. European Journal of Physiotherapy, 23(1), 11-18. https://doi.org/10.1080/21679169.2019.1623314

Widyastuti, R. (2010). Hubungan motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar (Disertasi). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Published
2024-03-26
How to Cite
NURHAYU, Winati et al. Variasi Kualitas Tidur dan Kreativitas pada Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera. MAXIMUS: Journal of Biological and Life Sciences, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11-18, mar. 2024. ISSN 3021-8195. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/maximus/article/view/1662>. Date accessed: 05 may 2024.
Section
Articles