A Pemanfaatan Bahan Alam (Pasir Pantai Lampung Dan Arang Kelapa) Sebagai Media Filter Air Untuk Meningkakan Kualitas Air Yang Digunakan Pengrajin Tahu Di Tanjung Bintang

  • Rizqi Wahyudi Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Kesadaran penggunaan air bersih oleh pelaku UMKM Makanan dalam proses produksinya di beberapa daerah di Indonesia masih rendah, sebab masih banyak yang mengabaikan penggunaan air bersih yang digunakan, sehingga berdampak pada kualitas yang dihasilkan. Sumber air bersih kini tak dekat lagi bahkan tak jarang pembangunan pabrik dan perusahaan  ikut berdampak pada pergeseran kualitas air bersih, Sehingga perlu adanya sebuah ide atau  gagasan yang dapat membantu para pelaku UMKM yang dapat meningkatkan kualitas produksinya. Penggunaan filter air berbahan alam dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas air. Pada pengabdian ini, kami membuat sebuah alat filter air dari bahan alam, yaitu arang tempurung kelapa dan pasir pantai lampung sebagai media untuk meningkatkan kualitas air. Dari hasil penerapan yang sudah dilakukan, pembuatan filter air yang dilakukan dapat diaplikasikan pada pelaku UMKM Tahu pada daerah Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Published
2022-07-29
How to Cite
WAHYUDI, Rizqi. A Pemanfaatan Bahan Alam (Pasir Pantai Lampung Dan Arang Kelapa) Sebagai Media Filter Air Untuk Meningkakan Kualitas Air Yang Digunakan Pengrajin Tahu Di Tanjung Bintang. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 107-109, july 2022. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/783>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v2i1.783.