Pelatihan Tes Potensi Skolastik (TPS) di SMA Al Huda Jati Agung, Lampung Selatan
Abstract
Salah satu permasalahan calon mahasiswa yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yakni dihadapkan pada soal tes potensi skolastik (TPS) yang secara khusus tidak dipelajari selama sekolah. TPS merupakan ukuran referensi standar yang menggabungkan komponen kemampuan dan kecepatan. Hal ini pula yang dirasakan oleh siswa-siswa SMA Al Huda Jati Agung, Lampung Selatan. Di sisi lain, soal TPS memberikan kontribusi yang relatif besar dalam UTBK. Oleh sebab itu, diperlukan pelatihan TPS sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penalaran dan kemampuan umum lainnya. Pelatihan TPS dilaksanakan secara luring, sebanyak tiga kali. Dari evaluasi akhir, hasil pelatihan tes potensi skolastik (TPS) di SMA Al Huda Jati Agung yakni terjadi peningkatan jumlah siswa yang berhasil menjawab benar dibandingkan sebelum diberikan pelatihan.
References
[2] Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, “Prinsip Penerimaan Mahasiswa Baru,” 2021. [Online]. Available: https://ltmpt.ac.id/?mid=10 [accessed Oct. 14, 2021].
[3] L. Stickler, “A Critical Review of The SAT : Menace or Mild-Mannered Measure?,” TCNJ J. Student Scholarsh., vol. 9, hal. 1–9, 2007.
[4] M. Koljatic, M. Silva, dan R. Cofre, “Achievement Versus Aptitude in College Admissions : A Cautionary Note Based on Evidence from Chile,” Int. J. Educ. Dev., vol. 33, no. 1, hal. 106–115, 2013.
[5] S. Azwar, “The Quality of The Tes Potensi Akademik (TPA) 07A,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 12, no. 2, hal. 231–250, 2008.
[6] F. Abdillah, “Memahami Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK Penalaran Umum,” 2020. [Online]. Available: https://www.ruangguru.com/blog/analisis-soal-tes-potensi-skolastik [accessed Mar. 18, 2021].
[7] Tim Sekolah TPA Online, Trik No.1 Cerdik + Nalar TPA. Yogyakarta: Forum Edukasi, 2013.
[8] The King Eduka, Mega Bank SBMPTN Saintek 2018, 1 ed. Jakarta: Cmedia, 2017.
[9] N. A. Pratama dan C. Hermawan, “Aplikasi Pembelajaran Tes Potensi Akademik Berbasis Android,” J. Pendidik. Dosen FIKOM, vol. 6, no. 1, hal. 1–6, 2016.
[10] D. Bekti, Rokhana Dwi, “Peningkatan Potensi Siswa Melalui Pelatihan Test Potensi Akademik (TPA),” J. Abdimas PHB, vol. 01, no. 2, hal. 98–104, 2018.
[11] I. Lazulfa dan A. Andriani, “Pengenalan dan Pelatihan Pemahaman Materi Tes Potensi Skolastik Bagi Siswa Madrasah Aliyah,” dalam Prosiding SAINSTEKNOPAK Ke-5, vol. 5, no.1, 2021.
[12] H. Disnawati, Y. N. Deda, F. O. Haning, dan M. Pallo, “PKM Bimbingan Menyelesaikan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti UTBK-SBMPTN,” J. Masy. Mengabdi Nusant., vol. 1, no. 3, hal. 15–24, 2022.
[13] J. E. Simarmata dan Z. N. Ahzan, “Bimbingan dan Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal UTBK bagi Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 4, hal. 1015–1024, 2021.
[14] Sriyati, “Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan SIswa Menghadapai Tes UTBK 2022,” Tarb. wa Ta’lim J. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, hal. 74–83, 2022.