EDUKASI KEBENCANAAN DI KAWASAN WISATA KRAKATAU DAN SEKITARNYA

  • Asep Nurul Ajiid Mustofa Program Studi Pariwisata, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.
  • Mentari Pratami Program Studi Pariwisata, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.
  • Andi Syahputra Program Studi Pariwisata, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.
  • Baiq Rindang Aprildahani Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.
  • Dicko Rizky Febriansanu Program Studi Teknik Geologi, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera.

Abstract

Bencana menjadi salah satu permasalahan bagi masyarakat yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, sehingga dibutuhkan pengelolaan yang mampu memitigasi dan mereduksi dampak yang ditimbulkan dari kejadian bencana tersebut. Kawasan Krakatau merupakan hasil penghancuran dari letusan Gunung Krakatau Purba yang memiliki potensi cukup besar pada aspek kebencanaan dan pariwisata. Potensi tersebut dapat dijadikan sebagai ikon pariwisata berbasis edukasi bencana. Akan tetapi saat ini masih minimnya penggalian informasi terkait hal tersebut. Dalam rangka pemecahan masalah tersebut, tim PkM Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berinisiasi untuk melakukan kegiatan dengan beberapa tahapan. Tahap awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penggalian informasi terkait aspek kebencanaan dan potensi pariwisata. Tahap kedua, melakukan pengolahan data serta pembuatan pamphlet dan poster. Dan tahap terakhir, melakukan webinar dan sosialisasi kepada masyarakat terkait edukasi kebencanaan dan pengembangan pariwisata. Salah satu wilayah yang mendapatkan dampak langsung dan dijadikan sebagai lokasi untuk dikunjungi dan diberikan sosialisasi adalah Pulau Sebesi yang menjadi tempat transit bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kawasan Gunung Krakatau dan sebagai wilayah yang mendapatkan dampak dari potensi bencana yang ada di kawasan tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan PkM ini, diharapkan dapat meberikan dampak positif bagi masyarakat lokal dan khalayak umum, dalam upaya peningkatan pengetahuan terkait kebencanaan dan pengembangan potensi wisata alternatif minat khusus di Kawasan Krakatau dan sekitarnya, serta dapat dijadikan sebagai inisiasi awal dalam pengembangan Kawasan Krakatau sebagai Volcano Research Center.

References

[1] Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
[2] Y. Evadianti, Reposisi Brand dalam Festival Krakatau Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung. Jurnal Profesi Humas, vol. 2, no. 1, pp. 23-36, 2017.
[3] World Tourism Organization (UNWTO), International Trade Centre (ITC) and Enhanced Integrated Framework (EIF), Tourism for Sustainable Development in the Least Developed Countries – Leveraging Resources for Sustainable Tourism with the Enhanced Integrated Framework. Spain: CEDRO, Centro Español de Derechos Reprográfico, 2017. [Online]. Available: https://www.e-unwto.org/doi/pdf/10.18111/9789284418848 (Accessed 22 Februari 2018).
[4] H. Nugroho, Negara, Pasar, dan Keadilan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
[5] O. Albizzia, Zamroni, M. Imam, and Z. Rofiqoh, Potensi Kampung Prawirodirjan Gongomanan sebagai Kampung Wisata Eksotik. Jurnal Penelitian Bappeda Kota Yogyakarta, 2007.
[6] Sugiyono, Prof. Dr. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
[7] Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana .
[8] Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
[9] C. M. Hall and B. Weiler, Special Interest Tourism. Halsted Press London : New York, 1992. [Online] Available: https://catalogue.nla.gov.au/Search/Home (Accessed 12 November 2021).
[10] https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5393052/krakatau-bukan-tempat-wisata
[11] https://www.lampung.co/lampung-selatan/gunung-anak-krakatau-bukan-tempat-wisata/
Published
2023-04-30
How to Cite
MUSTOFA, Asep Nurul Ajiid et al. EDUKASI KEBENCANAAN DI KAWASAN WISATA KRAKATAU DAN SEKITARNYA. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 26-35, apr. 2023. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/772>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v3i1.772.