Pelatihan Prosedur Pemetaan Lapangan Pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian DPIB

  • R. Eka Murtinugraha Universitas Negeri Jakarta
  • Prihantono Prihantono Universitas Negeri Jakarta
  • M. Agphin Ramadhan Universitas Negeri Jakarta
  • Mochamad Agung Prasetyo Sukanto Universitas Negeri Jakarta
  • Ega Rismana Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Jakarta
  • RHI Muhammad T Universitas Negeri Jakarta
  • Nindya Reza Ostiyani Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran di sekolah terhambat, terlebih pada mata pelajaran praktik. Salah satu mata pelajaran praktik di SMK kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Ukur Tanah. Pada materi mengenai ukur tanah, diperlukan tingkat pemahaman yang lebih mendetail karena berkaitan dengan teori dan praktik pemetaan lapangan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam prosedur pemetaan lapangan. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti 160 peserta. Tingkat pemahaman peserta diukur dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan data tersebut nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 55 ke 61. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa peserta telah memahami prosedur pemetaan lapangan. Hal ini menjadi bekal bagi mereka ketika lulus nanti. Keahlian memahami prosedur pemetaan lapangan sangat diperlukan bagi seorang surveyor.

References

[1] T. Sukwika, “Peran Pembangunan Infrastruktur terhadap Ketimpangan Ekonomi Antarwilayah di Indonesia,” J. Wil. dan Lingkung., vol. 6, no. 2, p. 115, 2018, doi: 10.14710/jwl.6.2.115-130.
[2] S. Asnuddin, J. Tjakra, and M. Sibi, “Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Controlling Proyek,” J. Sipil Statik Vol.6 No.11, vol. 6, no. 11, pp. 895–906, 2018.
[3] S. T. S. Diharjo, “Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Ruko Grand Orchard Cirebon,” J. Konstr., vol. 5, no. 1, pp. 2085–8744, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Konstruksi/article/view/3773.
[4] A. B. Ramadhony, M. Awaluddin, and B. Sasmito, “Analisis Pengukuran Bidang Tanah Dengan Menggunakan GPS Pemetaan,” J. Geod. Undip J. Geod. Undip, vol. 6, no. 4, pp. 305–315, 2017.
[5] M. Haristo Rahman, “Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 17, no. 1, p. 53, 2020, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022.
[6] Giri Wicaksono and R. E. M. , Tuti Iriani, “Hubungan Antara Literasi Informasi Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa (Penggunaan Model The Big 6 Skills di SMKN 1 Jakarta),” J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 8, no. 2, pp. 55–100, 2019, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil%0AHUBUNGAN.
[7] H. A. Maulana and M. Hamidi, “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi,” Equilib. J. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 224–231, 2020, doi: 10.26618/equilibrium.v8i2.3443.
[8] Hikmat, E. Hermawan, Aldim, and Irwandi, “Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online,” Digit. Libr. UIN SUnan Gung Djati, Bandung, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/.
[9] M. A. Ramadhan, T. Iriani, and S. S. Handoyo, “Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan Kompetensi yang Dibutuhkan di Dunia Kerja,” J. PenSil, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2013, doi: 10.21009/jpensil.v2i1.7282.
[10] S. Choiriyah and S. Riyanto, “Desain Pelatihan pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Penerapan Metode Constructive Learning pada Penyampaian Pembelajaran Virtual Learning),” Syntax Idea, vol. 2, no. 8, pp. 1–9, 2020.
[11] I. Muda, Teknik Survei dan Pemetaan SMK, 1st ed. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Published
2022-07-29
How to Cite
MURTINUGRAHA, R. Eka et al. Pelatihan Prosedur Pemetaan Lapangan Pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian DPIB. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 72-79, july 2022. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/728>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v2i1.728.