Pemberdayaan Ekonomi Remaja Desa Cekok Babadan Ponorogo Melalui Produksi Wedang Uwuh di Masa Pandemi Covid-19

  • Sherin Permatasari Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Mughniatul Ilma

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandemic covid-19 sehingga perekonomian menjadi menurun, oleh karena itu peneliti mencoba melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi kepada remaja Desa Cekok Babadan Ponorogo melaui produksi wedang uwuh. hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti. Pemberdayaan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas serta membantu perekonomian remaja di Desa Cekok Babadan Ponorogo di masa pandemic covid-19. Pemberdayaan ini menggunakan pendekatan (ABCD) Asset Based Community Development. Metode kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan praktek langsung pembuatan wedang uwuh yang dilakukan bersama remaja Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Dan hasil dari pemberdayan melalui kegiatan ini remaja Desa Cekok Babadan Ponorogo sebagai pelaku perubahan mengetahui cara memproduksi wedang uwuh dengan bahan-bahan yang sudah peneliti ajarkan. Melalui kegiatan ini remaja mengetahui cara pengemasan dengan menggunakan kemasan plastic ziplock yang sudah diberi label atau logo agar menarik minat pembeli. Dan yang terakhir kegiatan pemasaran, dimana remaja memilih untuk menitipkan di warung milik warga sekitar dan menawarkan produk mereka.

References

Dony Hahury, Hendri, and Fransisca Soselisa. “Strategi Penghidupan Rumah Tangga Pedesaan Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6 (2021).
Dwi Jatmiko, Septian Emma, Kintoko, and Khoiriyah Isni. “Inovasi Wedang Uwuh Yang Memiliki Khasiat Untuk Penderita Hipertensi Dan Diabetes Melitus,” Jurnal Riset Daerah, 2017.
Eka Pramono, Sigit, Nurrohmah, Ratna Widyaningsih, and Dewi Sulistianingsih. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Olahan Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Dlisen,” Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 02 (2020).
Fitria. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES),” Ad l Islamic Economic, 1 (2020).
Kadek Budiartami, Ni, and I Wayan Kandi Wijaya. “Analisis Pengendalian Proses Produksi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pada CV. Cok Konfeksi Di Denpasar,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Equlibrium, 5 (2019).
Lisiswanti, Rika. “Refleksi: Pentingnya Bagi Dosen Pendidikan Kedokteran ?,” Jurnal Kedokteran (Juke), 3 (2013).
Lukitaningsih, Ambar. “Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi Dan Implikasinya,” Jurnal Maksipreneur, 3 (2013).
Maulana, Mirza. “ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT : Strategi Pengembangan Masyarakat Di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang,” Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4 (2019).
Musfiq Arifqi, Moh. “Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digital UMKM Berbasis Syariah Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 3 (2021).
Ragil Kuncoro, A. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Dalam Pemenuhan Kewajiban Pajak Desa,” Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 19 (2019).
Riyanti, Chika. “Asset Based Community Development Dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR),” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3 (n.d.).
Room Fitrianto, Achmad, Athifa W Fitri Khoirunnisa, Lailatul Amaliyah, Husnul Khotimah, Riyatul Qibtiyah, Bayu Utomo, Bimbi Naufal, et al. “Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok (Sebuah Aksi Parisipatorif Dalam Memelihara Irigasi Pertanian Di Desa Bedohan, Jiwan, Madiun),” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2020).
Rozi Yamali, Fakhrul, and Ririn Noviyanti Putri. “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia,” Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4 (2020).
Sari, Fita, and Dina Wahyu Cahyaningrum. “Pembuatan Minuman Kesehatan Wedang Uwuh Di Desa Gambyok Kecamatan Grogol,” Prosiding Seminar Pengabdian Masyarakat, 2017.
Sarinah, Iin, Aan Anwar Sihabudin, and Erlan Suwarlan. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonmi Oleh Pemerintah Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran,” Jurnal MODERAT, 5 (2019).
Suryaningsum, Sri, and Anies Siti Hartati. “Peningkatakn Kualitas Produksi Usaha Wedang Uwuh Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dusun Kerten Imogiri Bantul,” 2, 20 (2018).
Susetyarsi, Th. “Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang,” Jurnal STIE Semarang, 4 (2012).
Published
2022-07-29
How to Cite
PERMATASARI, Sherin; ILMA, Mughniatul. Pemberdayaan Ekonomi Remaja Desa Cekok Babadan Ponorogo Melalui Produksi Wedang Uwuh di Masa Pandemi Covid-19. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-43, july 2022. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/695>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v2i1.695.