Peningkatan Pemahaman Tatacara Berwudhu dengan Media Puzzle bagi Anak TPA Nurul Huda Klitren Yogyakarta

  • Nur Asih Istiqomah Universitas Ahmad Dahlan
  • Muh Alif Kurniawan Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Berwudhu merupakan salah satu sarana untuk menghilangkan najis dan hadas kecil, dan menjadi syarat sah seorang muslim yang akan melakukan ibadah baik ibadah wajib maupun sunnah . Oleh karena itu, pemahaman tentang tata cara berwudhu menjadi hal substansial yang  harus ditanamkan sedini mungkin sebagai upaya menumbuhkan kebiasaan yang baik. Usia dini merupakan masa saat anak cenderung senang bermain dan belum mengerti dunia belajar. Maka dari itu, penggunaan media sangat penting dalam memberikan pengetahuan pada anak. Pengabdian  ini berupaya untuk meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai tata cara berwudhu yang baik dan benar menggunakan alat bantu media Puzzle. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah observasi, ceramah, demonstrasi dan eksperimen. Hasil penelitian memperlihatkan ketercapaian 3 poin  yang menjadi indikator keberhasilan  yakni anak dapat menyusun puzzle berwudhu dengan urutan yang benar; anak dapat mempraktikan gerakan serta bacaan wudhu dengan baik dan benar sesuai syariat islam; adanya peningkatan jumlah anak  yang berhasil mempraktikan wudhu dengan baik dan benar sesuai syariat islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dianggap efektif untuk meningkatkan pemahaman anak tentang tatacara berwudhu.

References

[1] M. Afif and U. Khasanah, “Urgensi Wudhu dan Relevansinya bagi Kesehatan (Kajian Ma’anil Hadits) dalam Perspektif Imam Musbikin,” J. Studi Hadis, vol. 3, no. 2, 2018.
[2] N. Jazilah, “Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu untuk Anak,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2016.
[3] S. Rasyid, Fiqh Islam, 39th ed. Bandung: PT Sinar Baru, 2006.
[4] F. Jalal, Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya PAUD. Jakarta: Bulletin PADU, 2012.
[5] K. A Khunin, “Peningkatan Keterampilan Berwudhu Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 5-6 tahun,” Universitas Tanjungpura, Pontianak, 2015.
[6] Suryani, Nunuk, and L. Agung, Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak, 2012.
[7] L. A. Darmawan, F. Reffiane, and S. Baedowi, “Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem,” J. Penelit. Dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2019, doi: 10.23887/jppp.v3i1.17095.
[8] K. B. Sudarmika, D. P. Parmiti, and A. H. Simamora, “Pengembangan Media Ular Tangga Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV,” J. Edutech Undiksha, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2018, doi: 10.23887/jeu.v6i1.20259.
[9] P. W. S. Martini, I. I. W. Suwatra, and I. K. Sudarma, “Pengembangan Wayang Tokoh Dongeng Berbasis Pendidikan Karakter pada Pelajaran Bahasa Bali Kelas III Sekolah Dasar,” J. Edutech Undiksha, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2018, doi: 10.23887/jeu.v6i1.20270.
[10] A. A. Arsi, “Puzzle sebagai Media Pembelajaran Inovatif Mata Pelajaran IPS bagi Guru-Guru SD/MI di Kebumen,” J. Abdimas, vol. 14, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2011, Accessed: Jun. 18, 2021. [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/14
Published
2021-07-30
How to Cite
ISTIQOMAH, Nur Asih; KURNIAWAN, Muh Alif. Peningkatan Pemahaman Tatacara Berwudhu dengan Media Puzzle bagi Anak TPA Nurul Huda Klitren Yogyakarta. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 35-42, july 2021. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/523>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v1i1.523.