Implementasi Pelatihan Perakitan Robotik Sederhana Terhadap Tingkat Kapasitas Tenaga Pengajar Sekolah Global Madani Bandar Lampung

Implementasi Pelatihan Perakitan Robotik Sederhana

  • Duwi Hariyanto Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar dan mengurangi sikap pasif siswa. Selain dapat membantu manusia dalam mengerjakan tugas-tugasnya, robot dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini adalah meningkatkan kapasitas tenaga pengajar sehingga dapat secara mandiri membuat robot sederhana sebagai media pembelajaran serta mengajarkannya ke peserta didik. Pelatihan robotik sederhana dilaksanakan dengan metode diskusi dan simulasi. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi hasil pelatihan yang diberikan di setiap akhir pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman tenaga pengajar mengenai robot dan perakitannya meningkat.    


 

References

[1] Asri, Y. N. (2018). Pembelajaran Berbasis Stem Melalui Pelatihan Robotika. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 74. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13735
[2] Mujiarto, M., Sambas, A., Gundara, G., & Ula, S. (2019). Pelatihan Robotika Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Inovasi Dan Kreativitas Di Smp 11 Bandung. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8. https://doi.org/10.31604/jpm.v2i1.8-12
[3] Rahimuddin, Syarif, S., Syam, R., Arzaq, Setiawan, A., & AlQadri, S. (2019). Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Baru. TEPAT Jurnal Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 2(2), 120–128. https://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/view/85/50
[4] YOLANDA, Y., & Arini, W. (2018). Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i1.74
[5] Siswanto, Haris Triono Sigit 2019 Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika pada Siswa SMK Negeri I Kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Volume 1, Nomor 1. 230-240.
[6] Prabowo, Y., Hepy, S., 2011. Line Follower Robot Berbasiskan Mikrokontroler Atmel 16 8, 6.
[7] Sabar, A. H. Saputro, and C. Imawan, “Salt Content Prediction System of Dried Sea Cucumber (Beche-de-mer) Based on Visual Near-Infrared Imaging,” 2019 4th Asia-Pacific Conf. Intell. Robot Syst. ACIRS 2019, pp. 245–249, 2019, doi: 10.1109/ACIRS.2019.8935953.
[8] Sabar, A. H. Saputro, and C. Imawan, “Moisture Content Prediction System of Dried Sea Cucumber (Beche-de-mer) Based on Visual Near-Infrared Imaging,” Proc. 2019 6th Int. Conf. Instrumentation, Control. Autom. ICA 2019, no. August, pp. 167–171, 2019, doi: 10.1109/ICA.2019.8916705.
[9] Tambunan, D., 2012. Line Follower Menggunakan Kontrol PID 11.
[10] Hariyanto, D., Permana, S., 2019. Studi Intensitas Radiasi Menggunakan Survey Meter Berbasis Tabung Geiger M4011 dan Mikrokontroler Arduino Uno. Prosiding Snips 7.
[11] Hariyanto, D., Puzi, G.A., Supriyanto, A., 2017. Deteksi Letak Kebocoran Pipa Berdasarkan Analisis Debit Air Menggunakan Teknologi Sensor Flowmeter Berbasis TCP/IP. Jurnal Teori Dan Aplikasi Fisika 5, 25–30.
[12] Hariyanto, D., Sigalingging, P.I., Hendro, 2018. Rancang Bangun Alat Ukur Panjang Objek Di Dalam Air Berbasis Photogate dan Sensor Ultrasonik. Prosiding SNIPS 6.
[13] Budiyanta, N.E., Tanudjaja, H., Mulyadi, M., 2019. Rancang Bangun Robot Line Follower Portable Sebagai Upaya Minimalisasi Sampah Elektronik Di Ranah Robotika. Tesla 20, 148.
Published
2022-07-29
How to Cite
HARIYANTO, Duwi. Implementasi Pelatihan Perakitan Robotik Sederhana Terhadap Tingkat Kapasitas Tenaga Pengajar Sekolah Global Madani Bandar Lampung. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 12-18, july 2022. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/515>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v2i1.515.