Penerapan Teknologi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran pada Masa Pandemi: Studi Kasus Café Inspirasi Corner Bandar Lampung

  • Sabar Sabar Institut Teknologi Sumatera
  • Duwi Hariyanto Institut Teknologi Sumatera
  • Kisna Pertiwi Institut Teknologi Sumatera
  • La Ode Arham Institut Teknologi Sumatera
  • Zunanik Mufidah Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Penerapan teknologi digital marketing sangatlah penting dalam membuat strategi pemasaran apalagi pada saat pandemi covid 19. Café Inspirasi Corner  merupakan UMKM  yang terdampak akibat wabah yang melanda seluruh dunia. Adapun hasil  analisis evaluasi telah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 55% pengetahuan peserta di bidang digital marketing, yang semula 34% menjadi 89%. Selanjut untuk pre-test peserta yang belum paham yang mulanya 66% berkurang menjadi 11% setelah dilakukan pelatihan. Tujuan penerapan teknologi digital marketing tentunya akan berpengaruh pada meningkatnya jangkauan pemasaran produk mitra menjadi lebih luas sehingga penjualan akan ikut meningkat, dan berdampak kepada keuntungan atau omset penjualan yang lebih maksimal di masa pandemi.

Author Biographies

Sabar Sabar, Institut Teknologi Sumatera

I am Lecturer at Departement Instrumentation and Control Engineering of Institut Technolgy of Sumatera. I am interested in Instrumentation and Control, Image Processing, Deep Learning, Machine Learning, Electronics and Hyperspectral Imaging System.

Duwi Hariyanto, Institut Teknologi Sumatera

I am Lecturer of Institut Teknologi Sumatera, I am familar with instrumentation, Heat Transfer and reactor

 

References

[1] M. Jakki J, S. Stanley F, and S. Sanjit, “Technology Marketing Strategy,” Quality, pp. 421–434, 2006.
[2] S. Alghamdi and C. Bach, “Technological Factors to Improve Performance of Marketing Strategy,” Asee, pp. 1–4, 2014, [Online]. Available: https://pdfs.semanticscholar.org/4068/87875f109ec2a3c8355d8d272dde6562cf5d.pdf.
[3] S. Sridhar and E. Fang, “New vistas for marketing strategy: digital, data-rich, and developing market (D3) environments,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 47, no. 6, pp. 977–985, 2019, doi: 10.1007/s11747-019-00698-y.
[4] S. Samsiana et al., “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19,” J. Sains Teknol. dalam Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 51–62, 2020, doi: 10.31599/jstpm.v1i1.255.
[5] Bagus Ramadhan, “Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020,” Teknoia, p. 2020, 2020, [Online]. Available: https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19.
[6] M. Mustika, “Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 2, pp. 165–171, 2019, doi: 10.36085/jsai.v2i2.352.
[7] N. Rufaida, “Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce,” e-Proceeding Manag. , vol. 6, no. 2, p. 2091, 2019, [Online]. Available: https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9529/9399.
[8] Sabar, A. H. Saputro, and C. Imawan, “Salt Content Prediction System of Dried Sea Cucumber (Beche-de-mer) Based on Visual Near-Infrared Imaging,” 2019 4th Asia-Pacific Conf. Intell. Robot Syst. ACIRS 2019, pp. 245–249, 2019, doi: 10.1109/ACIRS.2019.8935953.
[9] Sabar, A. H. Saputro, and C. Imawan, “Moisture Content Prediction System of Dried Sea Cucumber (Beche-de-mer) Based on Visual Near-Infrared Imaging,” Proc. 2019 6th Int. Conf. Instrumentation, Control. Autom. ICA 2019, no. August, pp. 167–171, 2019, doi: 10.1109/ICA.2019.8916705.
[10] F. Oktaviani and D. Rustandi, “Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness,” PRofesi humas J. Ilm. ilmu Hub. Masy., vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.24198/prh.v3i1.15878.
[11] D. Rapitasari, “Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan,” J. Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107–112, 2016, [Online]. Available: http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36.
[12] B. B. Hapsoro, Palupiningdyah, and A. Slamet, “Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset,” J. Pengabdi. Masy., vol. 23, no. 2, pp. 117–120, 2019.
[13] S. Haryanti, B. Mursito, and Sudarwati, “Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta,” J. Chem. Inf. Model., vol. 110, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.
[14] F. Fatmah, “Training program to support posbindu cadre knowledge and community health centre staff in the Geriatric Nutrition Service,” ASEAN J. Community Engagem., vol. 4, no. 2, pp. 500–518, 2020, doi: 10.7454/ajce.v4i2.1051.
[15] D. Husin, I. Wijaya, N. Dewi, and Hilmi, “Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online Pada Para Pedagang Kecil Di Kota Lhokseumawe,” J. Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 45–50, 2019.
[16] R. Z. A. Purwanti, Siwi ; Putri, “Pengembangan Modul Berbasis HOTS Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 8, pp. 155–160, 2021.
Published
2021-11-22
How to Cite
SABAR, Sabar et al. Penerapan Teknologi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran pada Masa Pandemi: Studi Kasus Café Inspirasi Corner Bandar Lampung. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 82-90, nov. 2021. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/512>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v1i2.512.