Sosialisasi Pengenalan Potensi dan Pemanfaatan Energi Terbarukan pada Masa Pandemi Covid-19

  • madi madi Teknik Sistem Energi, Institut Teknologi Sumatera
  • Khoirun Naimah Teknik Sistem Energi, Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Rizky Zen Teknik Sistem Energi, Institut Teknologi Sumatera
  • Maqbul Kamaruddin Arsitektur, Institut Teknologi Sumatera
  • Wenny Arminda Arsitektur, Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Energi merupakan salah satu kebutuhan mendasar dalam suatu negara. Saat ini, sumber energi yang digunakan di setiap negera sebagian besar dari energi tak terbarukan seperti batu bara, minyak, dan gas bumi. Namun, sumber energi tersebut dapat merusak lingkungan dan tidak dapat bertahan lama. Sehingga, dibutuhkan solusi untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan sebagai energi yang ramah lingkungan dan dapat bertahan lama. Dalam pemanfaatan energi terbarukan, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai wawasan ilmu dibidang energi terbarukan. Salah satunya adalah generasi Z. Oleh karena itu, Tim Pengabdi mengadakan kegiatan sosialisasi pengenalan potensi dan pemanfaatan building energi terbarukan di SMA Negeri 1 Gadingrejo. Kegiatan berlangsung secara daring dan diawali dengan pretest sebelum penyampaian materi dan diakhiri dengan posttest setelah penyampaian materi. Hasil menunjukkan bahwa 88,89% yang nilainya meningkat, sedangkan yang menurun dan tidak ada perubahan masing-masing 5,5%. Artinya, secara keseluruhan kegiatan ini telah berhasil meningkatkan kemampuan peserta mitra tentang pemahaman energi terbarukan.

References

[1] Yadnya, M.S., Zubaidah, T., Zainuddin, A., Kanata, B., dan Paniran. “Sosialisasi Potensi Energi Terbarukan Angin (Bayu) Antara Universitas Mataram (UNRAM) Bekerjasama dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di Pulau Sumbawa”. Jurnal Gema Ngabdi, Vol. 1 No.1 pp:22-26, 2019.
[2] Diantari, R.A., Darmana, T., Erlina., Hidayat, S., Jumiati., Soewono, S., dan Indradjaja, I.M. “Sosialisasi Energi Baru Terbarukan untuk Pelajar SMP Annida Al Islamy Duri Kosambi, Cengkareng”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri. Vol 1 No 2, 2019.
[3] Madi., Hadiwidodo, Y.S., Tuswan, Ismail, A. “Analisis Tingkat Kepuasan Peserta pada Pelatihan AutoCAD Online untuk Pengabdian Masyarakat Terdampak Covid-19 dengan Metode Kirkpatrick Level I”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 1-7, 2020.
[4] Hadiwidodo, Y.S., Sholihin, Handayanu, I Rochani, N Syahroni, H Pratikno, dan Madi. “AUTOVID (AutoCAD Covid-19) : Sebuah Media Pelatihan Software AutoCAD Secara Online untuk Masyarakat Terdampak Covid-19”. SEWAGATI Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 4 No 3, 2020.
[5] Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0”. Paper presented at Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), STMIK Budi Darma, Medan, 26 Januari 2019 (pp. 56-60). Medan: Green Press STMIK Budi Darma. Retrieved From: https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122
[6] Rusdiana, E., & Nugroho, A. “Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA”. Integralistik, 31(1), 1-12, 2020.
[7] Widyastuti, Umi. “Evaluasi Pelatihan (Training) Level II Berdasarkan Teori The Four Levels Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Vol 3(2), 119-128, 2019.
[8] Hernawati, D., & Amin, M. “Analisis Self Efficacy Mahasiswa Melalui Kemampuan Presentasi Di Kelas”. Education and Human Development Journal, 2(1), 26-33, 2017
[9] Amalia, A.R., dan Uswatun, D.A. “Analisis Respon Mahasiswa Dalam Penerapan Group Work Rules pada Metode Presentasi di Program Studi Pendidikan Gurus Sekolah Dasar”. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD. Vol 3 No 2, 2019.
[10] Diarti, M.W., Jiwintarum, Y., dan Dramawan, A. “Edukasi Masyarakat Melalui Aktivitas Relawan Non Medis Dalam Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Cakranegara Utara”. Jurnal Pengabdiab Masyarakat Sasambo. Vol 2 No 1, 2020.
Published
2022-07-29
How to Cite
MADI, madi et al. Sosialisasi Pengenalan Potensi dan Pemanfaatan Energi Terbarukan pada Masa Pandemi Covid-19. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-11, july 2022. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/506>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v2i1.506.