Pelatihan Pengolahan dan Analisa Data Statistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN di Kalianda, Lampung Selatan
Abstract
Salah satu wujud pengembangan diri seorang guru adalah dengan melakukan dan menulis laporan penelitian. Penelitian dan penulisan laporan hasil penelitian terkait kinerja pembelajaran seorang guru merupakan salah satu upaya evaluasi (refleksi) terhadap kinerja seorang guru di dalam kelas. Evaluasi ini dilakukan dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Permasalahan yang terjadi pada PTK adalah kurangnya kompetensi guru dalam melakukan pengolahan data, menggunakan tools, dan menerapkan model-model statistika yang cocok untuk kasus-kasus yang terjadi di kelas. Pada jurnal ini membahas peningkatan kompetensi guru-guru SMPN melalui pelatihan olah data dan analisis data statistik menggunakan JASP. Tingkat pemahaman dan kompetensi guru diukur menggunakan kuesioner yang diberikan pada sebelum dan setelah melakukan pelatihan. Pelatihan ini memberikan perubahan tingkat pemahaman dan kompetensi yang signifikan berdasarkan bidang kompetensi yang ditanyakan. Hal ini dapat dilihat dari gap responden yang diperoleh saat sebelum pelatihan dan setelah pelatihan dilakukan.
Downloads
Copyright (c) 2024 TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.