Peningkatan Pemahaman Riset Polymer Conductive pada Siswa dan Guru SMA Ar-Raihan Bandar Lampung melalui Workshop Sederhana

  • Septia Eka Marsha Putra Engineering Physics, Institut Teknologi Sumatera
  • Christio Revano Mege Engineering Physics, Institut Teknologi Sumatera
  • Ferizandi Qauzar Gani Engineering Physics, Institut Teknologi Sumatera
  • Amrinia Mustaqim Engineering Physics, Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Perkembangan sains di dunia sangat pesat, sehingga membutuhkan pemahaman yang cepat dan tepat. Institut Teknologi Sumatera merupkan salah satu institut teknologi di Sumatera, sehingga keberadaanya menjadi pusat pengembangan sains dan teknologi. Salah satu topik yang menarik untuk dikembangkan adalah sensor, salah satunya biosensor. Polimer konduktif merupakan salah satu jenis biosensor yang mudah untuk digunakan dan dibuat. Untuk mempercepat riset dalam nanoteknologi, pengenalan pengetahuan dasar sangat penting. Pengenalan lebih awal akan mempermudah dalam  meningkatkan pemahaman siswa dan tenaga pendidik di sekolah. Guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan sasaran yang paling tepat untuk melihat tingkat pemahaman sebelum melanjutkan ke tingat yang lebih tinggi (Universitas). Pengukuran tingkat pemahaman dilakukan melalui pengisian kuisioner sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan. Hasil Kuisioner menunjukkan bahwa 30-35 % dari total peserta belum memiliki pengetahuan mengenai polymer conductive sebelum workshop dilaksanakan.. Pengetahuan peserta meningkat menjadi 89 % setelah materi diberikan.

Published
2023-12-31
How to Cite
PUTRA, Septia Eka Marsha et al. Peningkatan Pemahaman Riset Polymer Conductive pada Siswa dan Guru SMA Ar-Raihan Bandar Lampung melalui Workshop Sederhana. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 87-93, dec. 2023. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/1655>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v3i2.1655.