Sosialisasi Perencanaan, Operasional dan Pemeliharaan Saluran Drainase di Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan

  • Indri Rahmandhani fitriana institut teknologi sumatera
  • Michael Michael Institut Teknologi Sumatera
  • julita hayati Institut Teknologi Sumatera
  • anita lestari condro winarsih institut teknologi sumatera
  • M. Gilang Indra Mardika Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Banjir merupakan bencana alam yang memberikan dampak negatif pada kehidupan masyarakat. Desa sidorejo merupakan salah satu desa terdampak kejadian banjir pada Oktober 2022. Pengamatan dilapangan menunjukan bahwa saluran drainase di desa tersebut sebagian belum terbangun dan tidak berfungsi optimal. Untuk itu perlu dilakukan langkah pencegahan banjir oleh masyarakat setempat sehingga dapat meminimalisir kejadian banjir. Untuk memberikan pemahaman tersebut maka tim Pkm Institut Teknologi Sumatera berinisiatif untuk melakukan kegiatan edukasi masyarakat melalui sosialisasi perencanaan, operasional dan pemeliharaan saluran drainase. Edukasi kepada masyarakat dilakukan melalui survei kondisi saluran drainase terbangun dan sosialisasi tahapan perencanaan, operasional dan pemeliharaan. Berdasarkan hasil pretest dan post test dapat disimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat meningkat dari 66,92% menjadi 76,92%.

Published
2024-04-30
How to Cite
FITRIANA, Indri Rahmandhani et al. Sosialisasi Perencanaan, Operasional dan Pemeliharaan Saluran Drainase di Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 32-36, apr. 2024. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/1609>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v4i1.1609.