Sosialisasi Peta Mitigasi Banjir di Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan

  • M Gilang Indra Mardika Institut Teknologi Sumatera
  • Galih Rio Prayogi Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Michael Michael Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Julita Hayati Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Anita Lestari Condro Winarsih Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Irfaan Wiratyadi Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Reynaldi Kurniawan Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Ni Made Lita Wikantari Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Ahmad Fadlun Harianto Martino Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Naomi Jesika Sitompul Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Desa Sidorejo merupakan desa yang terletak dan dilewati oleh sungai yang sering meluap hingga menimbulkan bencana banjir. Banjir disebabkan oleh hujan yang menyebabkan air berlebih, pendangkalan sungai dan penyumbatan akibat sampah. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai mitigasi banjir melalui peta. Analisis yang dilakukan dengan menghitung hujan rencana, intensitas hujan, identifikasi koefisien pengaliran dan merencanakan debit rasional. Kemudian dimodelkan dengan HEC-RAS 6.2 sehingga diperoleh sebaran banjir yang disimulasikan.


Metode yang dilakukan untuk memberikan gambaran terhadap kondisi di lapangan disampaikan melalui sosialisasi kepada masyarakat Desa Sidorejo dengan menjelaskan sebaran banjir pada peta mitigasi banjir dan dibandingkan dengan situasi asli di desa sehingga dapat memberikan gambaran secara nyata. Adapun hasil pemaparan menunjukkan tingkat keberhasilan dari persentase pemahaman masyarakat dari 26 masyarakat yang mengikuti sosialisasi didapatkan sebesar 66,92 % memiliki tingkat pemahaman terhadap mitigasi banjir.

References

[1] A. S. Ningrum, “Strategi Penanganan Banjir Berbasis Mitigasi Bencana Pada Kawasan Rawan Bencana Banjir Di Daerah Aliran Sungai Seulalah Kota Langsa,” GEPSEE, pp. 2–3, Jun. 2020.
[2] Ph. D. Abdul Muhari, “Banjir Lampung Selatan, Tiga Meninggal Dunia dan Satu Hilang,” Badan Nasional Penanggulangan Banjir, Lampung Selatan, Oct. 29, 2022.
[3] M. S. Sanit, T. Poerwati, and A. Hamidah, “Strategi Mitigasi Bencana Banjir Badang Berdasarkan Nilai Ketangguhan di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur,” Sep. 2018.
[4] N. Purba, “Strategi Mitigasi Penanggulangan Bencana Banjir Di Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara ,” Jul. 2022.
Published
2024-04-30
How to Cite
MARDIKA, M Gilang Indra et al. Sosialisasi Peta Mitigasi Banjir di Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 26-31, apr. 2024. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/1605>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v4i1.1605.