Sosialisasi dan Pelatihan Perencanaan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Infrastruktur Desa Adiluwih Pringsewu

  • M Gilang Indra Mardika Institut Teknologi Sumatera
  • Amelia Oktavia Program Studi Teknik Perkeretaapian Institut Teknologi Sumatera
  • Michael Michael Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Anita Lestari Condro Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera
  • Julita Hayati Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Usaha pemerintah dalam program peningkatan pelayanan infrastruktur sebagai bentuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat semakin banyak dilakukan di setiap daerah, termasuk salah satunya desa Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Dalam setiap kegiatan pembangunan Desa Adiluwih perlu adanya perencanaan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang perlu dikuasai oleh setiap aparatur desa. Setiap aparatur desa yang melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan infarstruktur nantinya akan membuat laporan RAB pembangunan. Oleh sebab itu perlu adanya sumber daya manusia khususnya aparatur desa yang dapat menguasai proses pembuatan dalam penyusunan laporan RAB tersebut.Untuk meningkatkan kompetensi dalam sumber daya manusianya, aparatur desa perlu mendapatkan pelatihan terkait dengan RAB ini, agar nantinya aparatur desa dapat menyusun pelaporan anggaran biaya pembangunan desa sesuai dengan rencana, target biaya yang direncanakan, mutu kualitas infrastrukturnya serta tepat waktu dalam pelaksanaannya. Metode pelatihan ini dilakukan terdiri dari tahapan persiapan koordinasi dengan kepala desa, survey lokasi, perencanaan terkait dengan modul, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang diberikan selama pelatihan program ini dapat berhasil dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan menganalisis perhitungan Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Desa. 

References

[1] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014. Tentang Desa.
[2] Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Daerah
[3] Permen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 28 - 2016. Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum
[4] Bangkit, Annas Maulana A. 2020. Analisis percepatan waktu dan Rencana Anggaran Biaya menggunakan metode crashing dengan penambahan jam kerja (lembur). Universitas Negeri Semarang
[5] Musmawati, ema & Aprian Rizky A. 2020. Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta Proses Pelelangan Pada Proyek Pembangunan Jembatan Wanarata Pemalang. Hal 6-7.
Published
2024-04-30
How to Cite
MARDIKA, M Gilang Indra et al. Sosialisasi dan Pelatihan Perencanaan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Infrastruktur Desa Adiluwih Pringsewu. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 7-13, apr. 2024. ISSN 2807-1751. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/teknokreatif/article/view/1114>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.35472/teknokreatif.v4i1.1114.