Strategi Perancangan Area Persawahan Sebagai Kawasan Ekowisata dengan analisis SWOT di Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu

  • Ferdiansyah Ferdiansyah Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Pariwisata dapat memajukan perekonomian, menyejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, melestarikan lingkungan, dengan dampak negatif yang minimal. Sawah yang semakin berkurang akibat alih fungsi lahan, menyadarkan kita akan pentingnya melestarikan dengan tetap menyejahterakan masyarakat dengan ekowisata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi perancangan ekowisata sawah yang mengambil lokus di area persawahan dan irigasi di Kecamatan Gading Rejo, Pringsewu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui merumuskan strategi perancangan kawasan yang berada di irigasi sawah di Gading Rejo sebagai ekowisata. Hasil Penelitian ini berupa strategi dan arahan desain yang dapat dilakukan untuk perancangan kawasan ekowisata tersebut.

Published
2021-10-31
How to Cite
FERDIANSYAH, Ferdiansyah. Strategi Perancangan Area Persawahan Sebagai Kawasan Ekowisata dengan analisis SWOT di Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Journal of Science, Technology, and Visual Culture, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 83-89, oct. 2021. ISSN 2798-8767. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/jstvc/article/view/593>. Date accessed: 07 dec. 2021.
Section
Articles