Pengaruh Suhu Pada Pengukuran Jarak Menggunakan Sensor Ultrasonik SR04/05 Berbasis Instrumentasi Maya

  • Sabar Sabar Institut Teknologi Sumatera
  • Duwi Hariyanto Institut Teknologi Sumatera
  • Kisna Pertiwi Institut Teknologi Sumatera
  • Handoyo Handoyo universitas indonesia
  • Sastra Kusuma Wijaya universitas indonesia
  • Zunanik Mufidah Institut Teknologi Sumatera
  • Fajar Paundra Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Syaukani Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana pengaruh suhu pada perambatan gelombang ultrasonik di udara. Hal ini berkaitan dengan verifikasi keakuratan jarak pengukuran sensor ultrasonic sebagai alat ukur. Sensor yang digunakan dalam instrumentasi maya berupa sensor ultrasonik SR 05/04 sebagai sensor pengukur jarak dan sensor suhu LM35 digunakan sebagai acuan untuk mengukur suhu lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah memverifikasi apakah kecepatan gelombang utrasonik di udara berpengaruh terhadap perubahan suhu serta mempengaruhi pengukuran jarak. Pada penelitian ini didapatkan hasil rata-rata nilai simpangan standar deviasi pengukuran jarak terkoreksi suhu adalah 0,114 sedangkan pengukuran jarak tanpa terkoreksi suhu adalah 0,1075. Hal ini menunjukan bahwa kenaikan perubahan suhu walaupun 1°C dapat mempengaruhi sensor ultrasonik dalam mengukur jarak. Secara umum instrumentasi maya mampu bekerja dan membaca besaran sensor-sensor serta melakukan perhitungan dan menampilkan data dengan sangat baik.

Author Biography

Sabar Sabar, Institut Teknologi Sumatera

I am Lecturer at Departement Instrumentation and Control Engineering of Institut Technolgy of Sumatera. I am interested in Instrumentation and Control, Image Processing, Deep Learning, Machine Learning, Electronics and Hyperspectral Imaging System.

Published
2021-07-31
How to Cite
SABAR, Sabar et al. Pengaruh Suhu Pada Pengukuran Jarak Menggunakan Sensor Ultrasonik SR04/05 Berbasis Instrumentasi Maya. Journal of Science, Technology, and Visual Culture, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59-64, july 2021. ISSN 2798-8767. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/jstvc/article/view/539>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles