Analisis Persimpangan Tak Bersinyal Menggunakan Software PTV Vissim (Studi Kasus: Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Kimaja)

  • Meutia Nadia Karunia Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Abi Berkah Nadi Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Persimpangan adalah bagian dari sistem jaringan jalan yang menghubungkan dua jalan atau lebih pada satu titik. Persimpangan merupakan bagian dari sistem jaringan jalan, dan kelancaran pergerakan jaringan jalan juga bergantung pada pergerakan simpang tersebut. Persimpangan yang tidak bersinyal dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas pada jaringan jalan. Persimpangan tak bersinyal dapat menyebabkan pada pergerakkan jaringan jalan menjadi macet. Salah satu persimpangan jalan di Kota Bandar Lampung yang mengalami hal tersebut yaitu pada persimpangan Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Kimaja, yang merupakan simpang tidak bersinyal. Dengan mengetahui kinerja simpang berdasarkan manual kapasitas jalan Indonesia tahun 1997, kemudian disimulasikan menggunakan software PTV Vissim. Parameter kinerja simpang adalah derajat kejenuhan, tundaan, probabilitas antrian. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja simpang menggunakan metode MKJI 1997 dan software PTV Vissim, serta menghitung panjang antrian akibat penutupan gerbang kereta api menggunakan metode shockwave. Hasil performansi simpang dengan metode MKJI 1997 diperoleh nilai DS terbesar sebesar 0,931 dengan tundaan simpang 16,41 detik/smp dan nilai probabilitas antrian 34,77%-68,65%. Hasil Analisa kinerja simpang menggunakan software PTV Vissim tingkat pelayanan simpang LOS D, tundaan sebesar 34,6 detik dan rata-rata panjang antrian pada setiap lengan simpang adalah 30,63 m.

References

[1] Z. Tamin, Perencanaan dan pemodelan Transportasi, Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2000.
[2] D. J. B. Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, 1997.
[3] D. B. S. L. L. s. A. Kota, Pedoman Perencanaan dan Pengoprasian Fasilitas Parkir, Jakarta: Departemen Perhubungan, 1998.
[4] F. Hobbs, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gadjah Mada University Press, 1995.
[5] C. J. Khristy dan B. K. Lall, Dasar-Dasar Rekayasa Trasnportasi, Jakarta: Erlangga, 2005.
[6] Morlok. E. K. Pengantar Teknik dan Perencanaan Trasnportasi, Jakarta: Erlangga, 1988.
[7] S. Sukirman, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung: Nova, 1994.
[8] R. Faisal, S. Sugiarto, A. Syara, “Simulasi Arus Lalu Lintas Pada Segmen Penyempitan Jalan Akibat Pembangunan Flyover Simpang Surabaya Tahun 2016 Menggunakan Software Vissim 8.0,” Jurnal Teknik Sipil ISSN 2088-9321, Universitas Syiah Kuala ISSN e-2502-5295, pp. 183-194, 2017.
[9] S. Y. R. Rompis dan J. A. Timboeleng., “Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Analisa GAP ACCETANCE dan MKJI 1997,” Jurnal Sipil Statik, vol. vol. 5 no. 2, pp. 51-66 ISSN 2337-6732, April 2017.
[10] N. Rorong, L. Elisabeth dan J. E. Waani, “Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal di Ruas Jalan S. Parman dan Jalan DI. Panjaitan,” Jurnal Sipil Statik, vol. 3 no. 11, no. ISSN 2337-6732, pp. 747-758, November 2015.
[11] T. L. Saputro, A. P. Putri, A. Suryaningsih, Z. S. Putri, M. Salahuddin, “Kajian Simpang Tak Bersinyal Kariangan KM 5,5 Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara Menggunakan Permodelan Vissim Menjadi Simpang Bersinyal,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol.6 no. 1, April 2018.
[12] F. D. Ulfah dan O. Purwanti, “Analisis Kinerja Persimpangan Jalan Laswi Dengan Jalan Gatot Subroto Kota Bandung Menggunkan PTV Vissim 9.0.,” Jurnal Teknik Sipil vol. 5 no. 3 , Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, September 2019.
[13] S. H. Aly, M. Hustim dan A. A. Wahab, “Analisis Tundaan Kendaraan di Samping Tiga Tidak Bersinyal Berbasis Mikro Simulasi,” Konferensi Nasional Teknik Sipil 12, Batam, September 2018.
[14] A. Budiman dan I. Mardiyana, “Analisa Kinerja Simpang Bersinyal Kebon Jahe Serang Banten,” Jurnal Fondasi , vol. 2 no.2 , 2013.
[15] I. A. Winnetou dan A. Munawar, “Penggunaan Software Vissim untuk Evaluasi Hitungan MKJI 1997 Kinerja Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Jalan Affandi,” dalam The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung, Agustus 28, 2015.
[16] B. A. Illahi, “Pengaruh Ruang Henti Khusus Pada Kinerja Persimpangan Pahlawan Dengan PTV Vissim 9.0.,” Tugas Akhir, Institut Teknologi Nasional, Teknik Sipil, Bandung, 2019.
[17] Juniardi, “Analisis Arus Lalu Lintas di Simpang Tak Bersinyal,” Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2006.
[18] M. Ulfah, “Mikrosimulasi Lalu Lintas Pada Simpang Tigas Dengan Software Vissim (Studi Kasus: Jl. Simpang Jl. A. Pettarani - Jl. Let. Jend. Hertasning dan Jl. A. P Pettarani - Jl. Rappocini aya),” Universitas Hasanuddin, Makassar, 2017
[19] A. J. Wikrama, “Studi Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Jalan Raya Uluwatu - Jalan Raya Kampus Unud),” Universitas Udayana, Teknik Sipil, 2017.
[20] BPS Bandar Lampung, Bandar Lampung dalam Angka 2019.
Published
2021-07-31
How to Cite
KARUNIA, Meutia Nadia; NADI, Muhammad Abi Berkah. Analisis Persimpangan Tak Bersinyal Menggunakan Software PTV Vissim (Studi Kasus: Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Kimaja). Journal of Infrastructure Planning and Design, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 27-36, july 2021. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/jipad/article/view/568>. Date accessed: 20 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.