KAJIAN NUMERIK STRUKTUR RANGKA TERBREIS EKSENTRIK DENGAN LINK YANG DAPAT DIGANTI

  • Nugraha Bintang Wirawan ITERA

Abstract

Rangka Terbreis Eksentris (RTE) merupakan sistem bangunan tahan gempa yang mempunyai keunggulan dari segi kekuatan dan kekakuan serta mempunyai daktilitas dan kemampuan energi disipasi yang baik dalam kondisi inelastis. Link adalah elemen penting yang berfungsi untuk mendisipasikan energi gempa melalui perilaku inelastis struktur. Kinerja link geser berupa kekuatan, kekakuan, daktilitas dan disipasi energi tergantung pada profil penampang yang digunakan pada link. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur RTE dengan link menggunakan sambungan baut yang menggunakan variasi mutu baja serta pelebaran ujung pelat sayap (Side Extended Plate/SEP) dan tanpa SEP. Analisis dilakukan dengan menggunakan menggunakan software MSC PATRAN/NASTRAN. Sebanyak 8 (delapan) variasi model link dikaji untuk menentukan kinerja struktur yang paling optimum ketika dilakukan pembebanan statik monotonik dan siklik dengan kontrol perpindahan. Hasil menunjukkan bahwa variasi mutu baja link pada pelat sayap dan pelat badan dapat meningkatkan kekuatan, kekakuan, dan daktilitas struktur secara signifikan dibandingkan dengan penggunaan SEP. 


 


Kata kunci :      Rangka Terbreis Eksentis (RTE), link geser, link sambungan baut dan las, variasi mutu baja, pelebaran pelat sayap

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-25
How to Cite
WIRAWAN, Nugraha Bintang. KAJIAN NUMERIK STRUKTUR RANGKA TERBREIS EKSENTRIK DENGAN LINK YANG DAPAT DIGANTI. Journal of Science and Applicative Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-39, sep. 2017. ISSN 2581-0545. Available at: <https://journal.itera.ac.id/index.php/jsat/article/view/8>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35472/281452.